Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum... Selamat Datang Di Blog "Studies On Islam" Bukan Maksud Untuk Meng-Gurui, Kita Hanya Saling Mengingatkan Dan Berbagi, Semoga Kita Dapat Mengambil Hikmahnya..

Senin, 17 Desember 2012

ALLAH atau ALLOH ?

Penulisan ALLAH atau ALLOH

  Kalau menurut saya lebih baik menggunakan ALLAH. Kenapa ?

karena melihat dari buku-buku seperti, Quran hadist, Aqidah Akhlak, Fiqih, dll yang memuat materi agama Islam menggunakan kata ALLAH bukan ALLOH. 

  Dan saat saya bertanya pada salah satu teman penerbit yang dimana dalam bukunya menggunaka kata Alloh, saya justru mendapatkan jawaban ”Alasan saya untuk membedakan Tuhan kita dengan Tuhannya orang Kristen".


  Alasan penggunaan ‘ALLOH’ untuk membedakan dengan ALLAH-nya orang Kristen kurang dapat diterima baik dari segi ilmiah, maupun dalam konteks.Ada banyak contoh lain dalam bahasa Arab di mana kata-kata berlafal [o] menggunakan syakal fathah. Misalnya hurairah (dibaca: hurairoh), thaharah (dibaca: Toharoh), Shadaqah (dibaca: Sodakoh), dan masih banyak lagi yang lainnya, jumlahnya bisa ribuan.


  Berdasarkan kajian pembahasan transliterasi dan ilmu Tajwid tersebut, saya kira polemik tentang penulisan ALLAH atau ALLOH dalam khazanah keilmuan (buku-buku Islam) sudah harus ditutup karena sudah jelas bagaimana penulisan yang benar, yakni ‘ALLAH’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar